Senin, 05 Desember 2016

Celengan Hewan

Assalamualaikum Wr.Wb

Setiap hari kita pasti pernah melihat banyak botol bekas, entah itu bekas air mineral atau pembersih lantai yang tidak dipakai tergeletak begitu saja di jalan atau bahkan menumpuk di rumah kita. Sebenarnya apabila kita amati kembali, botol-botol tersebut dapat kita sulap menjadi benda yang lebih berguna daripada dibuang ke tempat sampah atau menjualnya. Mengurangi jumlah sampah plastik dan menambah nilai manfaat suatu benda setidaknya dapat kita lakukan demi menjaga lingkungan. Selain itu kita juga dapat melatih kreatifitas kita dalam memanfaatkan kembali botol-botol tersebut. Ide kreatif, inovatif, dan menarik tentunya sangat diperlukan untuk kegiatan ini. Jadi, menggali kreatifitas juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan kembali botol-botol bekas tersebut. Kita tidak memerlukan banyak biaya dan peralatan, cukup hanya dengan peralatan yang ada di rumah serta kreatifitas yang kita punya tentunya.
Benda yang paling sederhana yang dapat kita buat dari botol bekas dengan hanya menggunakan gunting atau cutter antara lain seperti segel makanan, juicer, penyiram tanaman, sendok, kuas lukisan, sekop sampah, dan tempat sikat WC.

Sambil menyelam minum air. Sepertinya peribahasa tersebut bisa kita terapkan disini. Selain mengasah kreativitas, kita juga bisa menghasilkan rupiah dari botol bekas. Benda yang dihasilkan tentunya memiliki nilai kegunaan dan estetika yang lebih tinggi daripada contoh benda yang dihasilkan di atas.
5
Berbagai benda seperti celengan berbentuk hewan yang lucu dengan tambahan aksen yang mendukung bentuk hewan yang dibentuk tentunya membuat anak-anak khususnya lebih tertarik untuk memilikinya. Model celengan yang menarik tersebut sekaligus akan menarik minat anak-anak untuk rajin menabung sejak kecil.
6

Selain botol bekas kita juga bisa memanfaatkan benda-benda lain. Namun yang terpenting adalah dalam mengkreasikan suatu benda sebaiknya jangan hanya mementingkan nilai estetika, melainkan juga harus memperhatikan nilai guna dari benda yang akan dibuat tersebut. Walaupun untuk beberapa hasil kerajinan tangan seperti hiasan sudah cukup hanya dengan memperhatikan nilai estetika.
Desain yang diciptakan juga harus ramah lingkungan. Apalagi dalam hal ini kita mencoba mengurangi sampah plastik berupa botol bekas. Jadi, jangan sampai kita malah menambah sampah atau bahkan merusak lingkungan dengan kegiatan ini.
Botol bekas ternyata apabila kita manfaatkan dapat menghasilkan berbagai jenis benda yang lebih berguna. Dalam kegiatan ini kita ditantang untuk mencari ide-ide baru yang kreatif dalam mengubah suatu benda yang biasa-biasa saja dan tidak berguna menjadi benda yang memiliki bentuk yang berbeda dan lebih bermanfaat. Hal yang kita peroleh dari mengkreasikan botol bekas ini selain menggali kreativitas, kita juga meningkatkan nilai estetika atau keindahan pada suatu benda. Selain itu, mendapatkan uang dari hasil karya kita adalah keuntungan lain yang dapat kita peroleh. Tak ada kerugian yang kita dapatkan, yang ada hanya keuntungan bagi kita maupun orang lain yang baik disadari maupun tidak, kita peroleh dari kegiatan ini. Be Creative!

Nama Blogs :  https://marisagustinn.wordpress.com/2015/06/19/menggali-kreatifitas-dengan-botol-bekas/ (19 juni 2015)

 

Tidak ada komentar:
Write komentar